Cara Mengatasi Problem ketika dialing ke indosatnet


1. Problem ketika dialing ke indosatnet
Q : The line is busy.
A : Pesan error ini muncul ketika nomor yang kita akses sedang dalam keadaan sibuk, ini disebabkan karena line pada nomor akses tersebut dalam keadaan penuh atau terpakai.
Solusinya :
- Tunggu beberapa saat, kemudian coba dial ke nomor akses itu lagi. Jika di wilayah tersebut, INDOSATnet punya nomor akses lainnya, kita bisa coba dengan nomor alternatif tersebut.
- Khusus untuk pelanggan di Jakarta, INDOSATnet mempunyai 10 nomor akses yang siap digunakan.


Q : There is no dial tone
A : Pesan error ini muncul disebabkan beberapa alasan, ini bisa disebabkan tidak adanya line telepon yang tersambung ke modem, atau disebabkan karena salah memasukkan kabel telepon ke lubang di modem (pastikan pahwa kabel telepon dicolokkan ke lubang line di modem), itau bisa juga disebabkan oleh kabel telepon yang digunakan pada modem diparalel sengan pesawat telepon lain yang sedang dipakai , atau disebabkan oleh kerusakan pada modem sendiri.
Solusinya :
- Cek kondisi modem dan pastikan bahwa beberapa kondisi diatas tidak terjadi dan konfigurasinya sudah benar. Periksalah kondisi kabel telepon dan connector (RJ11) yang tersambung ke modem telah terpasang dengan benar.


Q : Dial Up Networking could not negotiate a compatible...
A : Pesan error tersebut bias disebabkan karena ada kesalahan konfigurasi setting di Server type yang terdapat di properties Dial Up atau karena pengaturan maximum speed modem di properties Dial UP disamping itu dapat juga disebabkan karena kesalahan di properties TCP/IP yang terletak di Control Panel, Network.
Solusinya :
- Pertama kali periksa setting Server Type di Dial up networking, pastikan pengisian nomor DNS Server untuk INDOSATnet benar, Untuk pilihan TCP/IP, pilih 'My Server assign my IP address'. Untik melakukan hal tersebut, double click dion 'My Computer' kemudian double click 'Dial Up Networking', pilih koneksi yang kita gunakan, click pada menu File, dan click pilihan 'Properties'. Click tombol Server Type, lalu click tombol TCP/IP setting.
- Untuk mengecek setting modem, Double click 'My computer', lalu double click folder Dial Up Networking dan pilih icon koneksi INDOSATnet, kemudian click menu File pilih Properties. Click tombol 'Configure', dan periksa maximum speed di window tersebut, pastikan setting maximum speed setting mendekati kecepatan modem sebenarnya. Misalnya kecepatan modem kita 33,6KBPS, maka setting maximum speed di window tersebut adalah 36400 atau lebih rendah dari itu.
- Periksalah konfigurasi Network di Control Panel. Untuk mengakses setting ini, click menu 'Start', lalu click setting, Control Panel. Double click icon Network, lalu pastikan bahwa kita telah menginstal 'Dial up adapter' dan TCP/IP, pastikan juga bahwa keduanya hanya ada satu yang terinstal di network configuration. Double click TCP/IP (atau TCP/IP a Dial up adapter), pastikan settingnya seperti berikut ini :

- Di tab IP Address, pilih Obtain IP address automatically.
- Di tab DNS Configuration, pilih Disable DNS.
- Di tab WINS Configuration, pilih Disable WINS
Jika pesan error masih muncul, cobalah untuk meremove Dial- Up adapter and TCP/IP (atau TCP/IP a Dial Up Adapter) di Network configuration lalu add lagi ketiganya (Client for Microsoft Network, Dial Up Adapter and TCP/IP Dial Up Adapter), tapi sebelum kita meremovenya, pastikan kita mempunyai file source windows (biasanya terdapat di CDROM), karena biasanya Windows akan meminta kita untuk memasukkan Windows 95/98 CDROM.


Q : The computer you're dialing in to cannot establish a Dial-Up Networking..
A : Pesan ini ditampilkan karena icon koneksi yang sedang kita dial tidak tampak terinstal di Dial up Networking
Solusinya :
- Cobalah untuk membuat icon koneksi baru di Dial up Networking dan coba untuk dial lagi.


Q : Reestablish Connection...Do you want to reconnect ?
A : Hal ini bisa disebabkan karena kurang bagusnya line telepon yang menuju modem (line telephone belum tersambung ke modem), atau koneksi internet telah diputus.
Solusinya :
- Periksalah line telepon yang tersambung ke modem dan ke rosette telepon; pastikan semuanya tersambung dengan baik.

- Turunkan setting maximum speed modem di Dial up Networking.
- Cobalah untuk connect ke nomor akses lainnya.


Q : The computer you are dialing in to is not answering. Try again later.
A : Hal ini disebabkan oleh beberapa sebab; Kesalahan setting di Dial up Networking atau modem yang digunakan untuk akses mempunyai masalah.
Solusinya :
- Cobalah untuk mengakses ke nomor akses lain.

- Periksa di Dial up Networking, pastikan bahwa kecapatan modem tidak terlalu tinggi dab semua sudah sesuai dengan buku manual INDOSATnet.


Q : You have been disconnected from the computer you dialed...
A : Pesan tersebut muncul karena kualitas telepon yang kita gunakan untuk dial ke INDOSATnet kurang baik atau setting kecepatan modem di Dial up Networking terlalu tinggi
Solusinya :
- Cobalah menggukan line telepon untuk mengakses ke nomer INDOSATnet.
- Periksalah setting maximum speed modem, Untuk menjalankannya ikuti langkah berikut ini :
- Double click di icon My Computer, lalu double click folder Dial up Networking. Click kanan di koneksi INDOSATnet.
- Di tab General, Pilih maximum speed, Atur kecepatannya mendekati kecepatan modem sebenarnya, coba untuk dial kembali.


Q : Unable to establish Dial Up Network connection. Please go to 'Dial-Up Networking' and....
A : Hal ini disebabkan karena kesalahan konfigurasi di setting Server type di Dial up networking.
Solusinya :
- Perikasalah setting di Server Types Dial up networking, pastikan di Advanced options pilihan 'Enable software compression' telah ditandai dan di network protocols, pilihan TCP/IP sudah ditandai.


Q : The Microsoft Dial Up Adapter is not configured to work with the current network...
A : Pesan ini muncul karena Dial up Adapter belum terinstall.
Solusinya :
- Pastikan kita sudah menginstal Dial Up Adapter di Network - control Panel. Jika memang belun terinstal, click tombol add untuk menginstalnya, pilih Adapter lalu pilih Microsoft di manufacturer dan double click Dial Up Adapter.
- Coba dial kembali ( reconnect ).


Q : Error 629 : You has been disconnected from the computer you are dialed
A : Hal ini di sebabkan karena kesalahan dalam setting dial up networking atau kesalahan dalam mengisi user name dan password login.
Solusinya :
- Pastikan pelanggan mengisi no telepon INDOSATnet , user name dan password dengan benar.
- Cek settingan dial up networking pelanggan.


2 . Problem port dan system hardware

Q : Mouse tidak berfungsi ketika connection berlangsung.
A : Hal ini terjadi karena terjadi konflik Port Com atau IRQ (Interrupt request), IRQ yang digunakan oleh mouse sama dengan IRQ yang digunakan oleh modem.
Solusinya :
- Aturlah IRQ modem berbeda dengan IRQ mouse IRQ. Jika kita menggunakan modem internal, maka atur setting jumper untuk mengatur Port Comm dan nilai IRQ agar berbeda dengan port Comm atau IRQ dari mouse. Kita bisa hanya mengubah port communication (secara fisik).


Q : Could not open port
A : Biasanya ini terjadi ketika kita mencoba mendeteksi modem secara otomatis.
Solusinya :
- Remove modem yang ada dibagian modem Control Panel, lalu add lagi, gunakan fasilitas autodetect dari window 95/98, jika moden tidak diketemukan cobalah untuk menginstall modem dengan driver driver.
- Cobalah periksa komunikasi dari modem dengan fasilitas more info.
- Cobalah untuk mengganti port commdari modem jika modem masih tidak bekerja, lalu cobalah lagi.


Q : Could not open port
A : Hal ini terjadi karena ada hardware lain atau aplikasi lain yang menggunakan port comm. Yang digunakan untuk modem.
Solusinya :
- Ubahlah port comm dari modem.
- Periksa modem dari Device manager; apakah di situ terjadi conflict.
- Jika terjadi conflict --> Ubahlah port comm modem.
- Jika tidak terjadi conflict --> port comm yang digunakan untuk modem mungkin rusak, cobalah untuk mengganti ke port comm yang lain.


Q : Driver not loaded
A : Hal ini terjadi hanya di Windows 3.11 karenafile "system.ini" tidak lengkap.
Solusinya :
- Cobalah menginstall ulang software Internet untuk windows 3.11.


3. Problem Modem Dial-up

Q : Modem Hang.
A : Hal ini terjadi karena kualitas dari line telepon yang kita gunakan kurang bagus atau karena setting kecepatan modem terlalu tinggi.
Solusinya :
- Aturlah kecepatan modem di komputer mendekati atau dibawah kecepatan modem sebenarnya. Jika pesan masih muncul, turunkan sedikit-demi sedikit setting kecepatant sampai ke kecepatan terendah.
- Jika pesan masih muncul, cobalah untuk mengganti line telepon


Q : The computer is not receiving a response from the modem.
A : Pesan tersebut muncul karena modem yang kita gunakan tidak memberikan respond ke komputer. Ini biasa disebabkan karena modem "hang" atau jika kita menggunakan modem external, power supply dari modem belum dinyalakan. Dalam masalah ini dikondisikan bahwa modem yang digunakan telah diinstal dengan baik di komputer dan terdeteksi oleh komputer.
Solusinya :
- Matikan power dari modem tersebut kemudian tunggu beberapa saat, setelah itu nyalakan modem kembali.
- Periksalah kabel dari modem; Pastikan kabel tersebut tersambung ke port serial di komputer dengan baik.
- Periksalah komunikasi modem dengan komputer. Untuk menjalankannya, click menu 'Start', dan click pilihan setting, Control Panel. Double click di icon modem. Click di Diagnostic, dan click di port Comm tempat modem yang terinstal. Kemudian click tombol more info.
- Jika modem tidak bisa berkomunikasi dengan computer (kita akan melihat pesan error ditampilkan), kemudian coba untuk meremove modem dari tab General, kemudian add lagi modem tersebut, pastikan kalau kita menggunakan fasilitas autodetect dari windows.
- Jika modem bisa berkomunikasi dengan komputer, dan pesan error masih di tampilkan, maka cobalah untuk merestart komputer dan cobalah untuk konek kembali.


Q : Dial Up networking cannot find the specified modem. Install the modem...
A : Pesan ini muncul karena driver modem yang diinstal di koneksi Dial up Networking tidak sesuai. Biasanya ada lebih dari satu driver modem yang terinstal di komputer.
Solusinya :
- Periksalah konfigurasi Dial up Networking; pastikan bahwa jenis modem sama dengan driver yang terinstal di komputer.


Q : The modem is being used by another program. Disconnect the other connection or close the program, and then try again
A : Pesan ini muncul disebabkan karena ada aplikasi lain yang menggunakan modem pada waktu yang bersamaan.
Solusinya :
- Matikan semua aplikasi yang menggunakan modem.
- Pastikan bahwa modem tidak digunakan oleh aplikasi lain, seperti aplikasi Fax. Banyak program Fax yang menghold modem untuk dirinya sendiri sehingga pengguna dapatmenggunakan fasilitas Fax setiap saat.
- Restart computer, Ketika proses restar tekan tombol shift key dari keyboard sampai proses restart selesai.


Q : Error 630 : The computer is not receiving a response from the modem. Check that the modem is plugged in, and if necessary, turn the modem off, and then turn it back on.
A : Hal ini di sebabkan karena modem rusak, tidak terhubung ke komputer dengan baik atau tidak terinstall dengan baik.
Solusinya :
- Bila pelanggan mempunyai external modem maka pastikan :
- Kabel dari modem terhubung dengan baik ke komputer.
- Sudah terinstalasi dengan baik bila tidak, install ulang modem sesuai drivernya.
- Lampu power modem sudah menyala.


4. Problem Browser Internet Eksplorer

Q : Internet Explorer cannot open the Internet site... A connection with the server could not be established
A : Pesan error tersebut ditampilkan karena terdapat kesalahan dalam memasukkan alamat website yang akan kita akses, URL (www. address) salah
Solusinya :
- Pastikan bahwa kita telah memasukkan alamat URL seperti http://www.indosat.net.id .
- Jika alamat sudah benar, kemudian periksalah koneksi ke Internet , pastikan anda tidak punya masalah dengan koneksi ini.
- Jika masalahnya adalah di koneksi, Kemudian coba untuk memeriksa konfigurasi Network di Control Panel.
- Pastikan kalau semuanya sudah OK, lihatlah jika anda telah menginstall Dial Up Adapter dan TCP/IP di konfigurasi Networknya, Koneksi diantaramodem dan komputer haruslah bagus dan Dial Up Networking telah diInstall dan diSetting dengan benar. Jika anda menggunakan LAN untuk konek ke internet, pastikan anda telah menginstall Network interface card(NIC) dan TCP/IP dengan benar. Untuk Meyakinkan, kalau koneksi tidak terjadi masalah, lakukan test ini di window 95/98 Klick di Start + Run kemudian ketikkan ping [DNS Server]
- Untuk INDOSATnet masukkkan DNS dengan 202.155.0.10 atau 202.155.0.15
- Dan perhatikan hasilnya, Jika hasilnya adalah:
- Reply from 202.155.0.10 � Ini berarti koneksi anda bagus; Periksa Alamat yang anda ketikkan.
- Jika hasilnya adalah ' Destination host unreachable' or 'Request time out', Ini berarti koneksi anda jelek, atau anda belum konek dengan Internet.


Q : You are about to send information to the Internet zone. It might... Do you want to continue?
A : Pesan ini ditampilkan karena pilihan Security di menu View - Internet option dipilih high (most secure)
Solusinya :
- Kita bisa membuat pesan tersebut tidak tampil lagi :
1. Tandai pilihan " In the future do not show the warning for this zone".
2. Ubahlah setting di menu View - Internet option - Security ke pilihan medium (more secure) atau Low.


Q : In order to provide a more personalized browsing experience...
A : Pesan ini ditampilkan karena pilihan Cookies yang terdapat di menu View - Internet options - Advanced dipilih 'Prompt before accepting cookies'
Solusinya :
- Untuk membuat pesan ini tidak ditampilkan ikuti langkah berikut ini :
1. Tandai pilihan ' In the future, do not show this warning' statement.
2. Gantilah setting di menu View - Internet Options - Advanced, Cari bagian Cookies, dan pilih 'Accept all cookies'.


Q : In order to provide a more personalized browsing experience...
A : Pesan ini ditampilkan karena pilihan Cookies yang terdapat di menu View - Internet options - Advanced dipilih 'Prompt before accepting cookies'
Solusinya :
- Untuk membuat pesan ini tidak ditampilkan ikuti langkah berikut ini :
1. Tandai pilihan ' In the future, do not show this warning' statement.
2. Gantilah setting di menu View - Internet Options - Advanced, Cari bagian Cookies, dan pilih 'Accept all cookies'.


Q : This program has performed an illegal operation and will be shut down.
A : Hal ini disebabkan karena system yang mendukung browser tidak ada atau rusak.
Solusinya :
- Di details akan kita lihat file error "kernel32.dll" atau run.dll
- Carilah file yang error dari komputer lain kemudian copy file tersebut ke directory yang sama.
- Jika masih terjadi error, cobalah menginstall ulang dial up networking.
- Jika di dalam details terdapat msjava.dll cobalah menginstall ulang aplikasi internet browser


5. Problem Setting Konfigurasi E-Mail

Q : Some errors occurred while processing the requested tasks. Please review..
A : Pesan ini muncul karena ada kesalahan dalam memasukkan username atau password.
Solusinya :
- Untuk menyelesaikannya, pastikan bahwa user dan password telah benar dan bisa di cek di aplikasi.indosat.net.id.


6. Problem User Account

Q : Unable to logon to the server using Distributed Password Account...
A : Hal ini disebabkan karena 'Log on using password authentication' diaktifkan.
Solusinya :
- Untuk menyelesaikan masalah ini ikuti langkah berikut :
1. Click menu Tools - Account
2. Click di account e-mail yang kita gunakan, lalu click Properties.
3. Click tab Server
4. Di bagian Log On. pilih Log on using username & password.

0 komentar:

Article on same category :