Tips Merawat Laptop


  1. Letakan laptop pada tempat yang mempunyai permukaan datar atau rata,permukaan yang tidak rata akanmengakibatkan posisi laptop miring dan saat menerima ketukan keyboard akan mengakibatkan goncangan padahardware didalamnya.Dan dampak dalam waktu lama akan membuat kerusakan.
  2. Jauhkan dari air. biasanya sambil bekerja minum kopi atau minuman yang diletakan dimeja tempat menaruh laptop, dampaknya pernah kejadian keyboard laptop tersiram kopi dan akibatnya fatal, terjadi konsleting dan harus ganti motherboard.
  3. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop dipangkuan, dalam waktu lama radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksi selain tidak ada kestabilan letak laptop itu sendiri akibat goncangan.
  4. Laptop memang diciptakan untuk mobile, tetapi goncangan saat membawanya atau bahkan pernah jatuh,akanberakibat pada kerusakan motherboad atau lcdnya sendiri.
  5. Tas pelindung laptop dari bahan dasar gabus berbalut katun tipis yang halus bisa meredam panas saat dipakai kerja dalam waktu lama,dari pada bersentuhan langsung pada meja.
  6. Laptop di Indonesia umumnya sudah 220 volt, tetapi untuk laptop keluaran Jepang atau ex Jepang masih 110 volt,sediakan adaptor penurun tegangan.
  7. Belilah laptop di toko terdekat di daerah Anda, sehingga bila ada masalah atau kerusakan akan gampang dan cepat mengurusnya.karena itu simpan baik-baik kartu garansinya.
  8. Untuk kecepatan akselerasi laptop Anda, Installah program sesuai kebutuhan saja, sehingga bisa bisa menghemat memori dan hardisk anda.
  9. Bila laptop Anda selalu berhubungan dengan internet, Anti virus menjadi suatu keharusan mutlak dan harus diupdate.
  10. Istall Program perawatan untuk systemnya seperti Ccleaner atau Easy cleaner dari Toniart yang gratis, untuk menghapus file-file sampah dan sisa-sisa registrasi saat meninstall program atau uninstall program
  11. Baterai baru harus diisi sampai penuh sebelum digunakan. Diperlukan siklus isi / kosongkan (charge / discharge) untuk mendapatkan kapasitas optimum. dibawah ini tips perawatan baterai laptop:
Pengisian ataupun pengosongan baterai yang berlebihan dapat mengurangi usia baterai. Gunakan baterai sebelum tanda ”low” . Biasanya semua peralatan memiliki indikator bahwa baterai ”low”. Segera isi baterai sampai penuh (jangan lebih dari 12 jam).Saat peralatan (laptop, camera digital, handycam, dls) tidak digunakan atau dalam keadaan stand by / off, jangan biarkan peralatan tersambung ke listrik setelah baterai terisi penuh. Hal ini dapat merusak / memperpendek usia baterai karena baterai akan diisi terus menerus.Peralatan boleh di-charge bila sedang digunakan, pengisian baterai dalam keadaan demikian biasanya memerlukan waktu 2 kali lebih lama dibandingkan dengan waktu pengosongan.

Penyebab kerusakan baterai laptop:
  • Penggunaan charger (alat pengisi baterai) yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan dapat merusak baterai atau peralatan pendukungnya.
  • Suhu yang tinggi dapat mengurangi usia baterai (suhu ideal yang disarankan 5oC sampai 40oC)
  • Jangan mengisi (charge) baterai terus menerus sampai lebih dari 12 jam. Hal ini berakibat kerusakan baterai.
  • Umumnya baterai akan mengalami ”memory effect” setelah beberapa siklus charge / discharge. Memory effect adalah kondisi dimana kapasitas baterai dan kemampuan baterai untuk menyimpan daya berkurang. Memory effect dapat diatasi dengan “battery recycling”. Lakukan battery recycling paling sedikit satu kali setiap bulan atau saat anda merasa kapasitas dan kemampuan baterai menyimpan daya berkurang.
  • Langkah-langkah untuk battery recycling:
Mengosongkan baterai dengan cara:
  • Gunakan peralatan (HP, digital camera, handycam, dls) dan biarkan sampai mati sendiri karena kehabisan daya (baterai kosong).
  • Khusus laptop gunakan cara berikut:
  • Non-aktifkan ”power management” di BIOS / Windows dan ”battery low suspend”. Kedua fungsi ini dimatikan supaya laptop menggunakan baterai sampai benar-benar kosong. Bila kedua fungsi ini diaktifkan, laptop akan ”shutdown” atau ”suspend” sebelum benar-benar kosong.
  • Biarkan laptop dalam keadaan nya (dan tidak tersambung ke sumber listrik) sampai latop mati sendiri karena kehabisan daya / baterai.
  • Dinginkan baterai (beberapa menit / jam tidak langsung di-charge).
  • Isi baterai (charge) sampai penuh.
  • Lepas dari sumber listrik apabila indikator sudah menunjukkan penuh
  • Jangan Biarkan Laptop tidak di pakai selama minimal 1 Bulan lebih dari itu aku jamin Pasti battrainya Rusak…
  • Bila menggunakan Laptop (battarai di lepas) di usahakan menggunakan stabilizzer, Unutk mengurangi Tegangan Listrik yang tidak stabil.
  •  Baterai jenis Lithium Ion 2-3 tahun Pasti rusak meskipun di jarang untuk dipakai. Karena sifat dari Baterai Jenis Lithium.
  • Jangan menggunakan Adaptor yang tidak sesuai. Karena bisa menimbulkan baterai drop

0 komentar:

Article on same category :