Tutorial Pemrograman Delphi : Pengaturan Layout Control Dengan Anchors

Banyak para Delphiers pemula belum mengetahui fungsi dari properties Anchors ini. Properties Anchors dimiliki oleh hampir semua komponen yang bisa dilihat pada saat Runtime di Delphi seperti komponen Edit, DBGrid, Combobox, Listbox, Memo dan lain-lain. Fungsi dari Properties Anchors ini adalah untuk menjaga posisi ujung (edge) sebuah Control terhadap sebuah ujung parent nya. dengan begitu sebuah control/komponen akan mempunyai posisi yang relative terhadap parent nya meskipun Window parent nya di Resize atau di Maximize. Sebagai contoh jika Sebuah control di set properties Anchors left dan Right nya, maka lebar control tersebut akan mengikuti ukuran parent nya ketika parent tersebut di-Resize atau di-Maximize, begitu pula jika diset properties Anchors Top dan Bottom nya maka, sebuah komponen Control akan mengikuti ukuran tinggi dari parent nya.
Untuk lebih jelas bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :
• Buat sebuah Project Baru tambahkan sebuah Memo dan Button sehingga Interface nya seperti gambar dibawah ini

• Set Properties Anchors Left dan Right komponen Memo menjadi True dan Set Propeties Anchors Right dan Buttom komponen Button menjadi True

• Run Program
• Sekarang coba resize window Form1

Anda bisa lihat lebar komponen Memo1 mengikuti parent nya yaitu Form1 ketika di resize atau di maximize dan sisi kiri dan kanan komponen Memo1 mempunyai jarak yang tetap dengan sisi kiri dan kanan Form1 seperti pada saat Design. sedangkan ujung atas dan bawah komponen Memo1 tidak. Sedangkan komponen Button1 hanya menjaga jarak sisi kanan dan bawahnya saja karena kita tadi hanya men-set properties Anchors Right dan Bottom saja, sehingga Button1 tidak ikut Stretch ketika Form1 di Resize atau di Maximize.
Anda bisa set Properties Anchors Top dan Bottom komponen Memo1 menjadi True agar semua sisinya mengikuti Parent nya sehingga posisinya relative terhadap parent nya.


0 komentar:

Article on same category :