Tips Penggunaan dan Perawatan Baterai Ponsel

Berapa lama umur baterai tergantung dari pemakaian. Baterai baru biasanya hanya mampu bertahan hingga jangka waktu sekitar dua tahun saja Bergantung dari tipe ponsel serta fitur seperti multimedia kamera dll, hal ini juga dipengaruhi dari cara pemakaian pengguna. Berikut  tips dan trik penggunaan dan perawatan baterai semoga dapat bermanfaat.

  • Letakkan ponsel di tempat yang temperaturnya normal dan stabil sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah.
  • Segera cabut charger dari ponsel jika indikator baterai pada ponsel menunjukkan sudah penuh. Charge-lah baterai sampai penuh dan segera isi ulang baterai Anda jika memang sudah habis.
  • Jika pengguna menginginkan baterai pada ponsel dapat sedikit bertahan lama setelah melakukan pengisian atau charging, jangan sering menggunakan ponsel untuk bermain games, memutar lagu-lagu atau MP3 serta klip video, melakukan panggilan video (video call), mengedit foto ataupun browsing. Semua aktivitas tersebut hanya akan mempercepat baterai pada ponsel Anda habis.
  • Atur pengaturan backlight atau lampu layar, jangan biarkan layar menyala dengan durasi terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja.

  • Sebaiknya matikan ponsel jika Anda berada di sebuah tempat yang kemungkinan untuk mendapatkan sinyalnya sulit. Kalau ponsel terus diaktifkan, sementara ponsel terus menerus mencari sinyal. Hal ini akan membuat energi baterai pada ponsel Anda terkuras karena sinyal pada ponsel akan terus menerus mencari sinyal pada BTS terdekat.
  • Gunakan Repeater. Saat berada di tempat yang sangat terpencil dan jauh dari jangkauan BTS terdekat, bila perlu usahakan untuk menggunakan repeater ponsel untuk memperkuat penangkapan sinyal. Sehingga ketika sinyal ponsel digunakan untuk berkomunikasi via telfon tidak putus-putus
  • Matikan fitur suara yang tidak penting dan jangan biarkan aktif sepanjang hari bila memang tidak perlu, semisal alarm pengingat atau ringtone dengan nada panjang yang digunakan sewaktu adanya panggilan masuk. Gunakan ringtone dengan nada pendek agar baterai dapat sedikit bertahan lama untuk keperluan yang lebih penting menerima atau melakukan panggilan misalnya.
  • Jangan aktifkan ringtone dan fitur getar sekaligus karena cukup menguras energi baterai, aktifkan salah satunya saja. Saat berada di tempat ramai ada baiknya aktifkan fitur getarnya saja.
  • Kurangi brightness atau daya terang lampu layar ponsel Anda  agar energi baterai yang terpakai lebih hemat dari sebelumnya.
  • Matikan Bluetooth jika tak digunakan. Karna Bluetooth yang aktif akan menguras energi baterai pada ponsel lebih cepat. Dikarenakan Bluetooth yang aktif akan terus menggunakan energi pada baterai untuk mencari perangkat Bluetooth lain yang terdekat.
  • Seperti halnya Bluetooth, matikan juga fitur infrared jika tak digunakan dan jangan biarkan kabel data atau mini USB masih tertancap pada ponsel Anda dan terkoneksi di PC. Karena kabel data, USB atau mini USB yang masih tertancap di ponsel serta terkoneksi di PC juga berfungsi seperti charger yang akan membuat baterai terisi arus listrik secara berlebihan. Sebaiknya segera cabut, jika memang tidak diperlukan lagi untuk melakukan transfer data.
  • Jika Baterai Ponsel Anda sudah menurun (Drop) Segera ganti dengan Baterai pengganti Sesuai Rekomendasi pabrik dari Jenis Tipe Ponsel Yang Anda gunakan, Karna usia Ponsel juga dipengaruhi kualitas dan perawatan baterai.


0 komentar:

Article on same category :